Kemacetan lalu lintas (dan banjir) yang menjadi masalah utama
kota Jakarta sudah menjadi rahasia umum, banyak orang diseluruh dunia sudah
tahu tentang hal tsb. Pada awal tahun 2011 Presiden SBY telah menegaskan bahwa
Jakarta harus bebas dari kemacetan lalulintas pada tahun 2020 dan harus ada
kemajuan yang signifikan, pengurangan kemacetan di Jakarta pada tahun 2014.
Oleh karena itu warga Jakarta dan Pemerintah lebih baik memikirkan hal-hal yang
konstruktif kearah perbaikan dan mencari berbagai alternatif upaya pemecahan
masalah kemacetan lalulintas di Jakarta. Telah banyak teori, jurus, dan rencana
hingga aksi nyata diajukan para ahli, tokoh, ilmuan dan pejabat untuk mengatasi
kemacetan di Jakarta, tetapi nampaknya hingga saat ini kondisi lalulintas di
Jakarta tetap semerawut dan tingkat kemacetan semakin parah. Dan ini salah satu
kebijakan untuk diterapkan.
A. Pegertian Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan lalulintas adalah suatu
keadaan atau situasi yang terjadi di satu atau beberapa ruas/ruang lalulintas
jalan dimana arus kendaraan bergerak sangat lambat tidak semestinya hingga
stagnan sehongga menyebabkan terganggunya aktifitas dan pergerakan pemakai
jalan.
Jenis-jenis Kemacetan Lalin
Ada beberapa jenis dan tingkatan
(gradasi) kemacetan lalulintas antara lain: kekacauan lalin, macet total, macet
lalulintas semerawut, dan lalulintas bergerak lambat. Kemacetan di satu titik
yang dianggap tidak strategis, tetapi bila tidak segera diatasi maka akan mudah
merembet/menjalar ke banyak ruas jalan lain dalam lingkup yang luas.
Kekacauan Lalu Lintas
Kekacauab Lalu Lintas adalah suatu
kondisi kemacetan lalulintas jenis paling parah yang ditandai dengan
terkuncinya pergerakan semua jenis kendaraan. Kekacauan lalulintas sering
terjadi di daerah pinggiran Jakarta terutama pada jam-jam berangkat dan pulang
kantor (pagi dan sore hari), sering terjadi di persimpangan jalan-jalan yang
tidak di lengkapi lampu merah. Penyebab kekacauan lalulintas biasanya karena
pengguna jalan tidak disiplin, saling serobot, arogan, melanggar aturan lalulintas,
bersikp tidak peduli, jalan raya difungsikan sebagai tempat parkir, berdagang,
pasar, tempat mangkal angkutan umum dan ojek.
B. Waktu dan Asal Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta
Bagi warga Jakarta, seolah tiada hari
tanpa lalulintas macet, kecuali 3 hari menjelang dan sesudah lebaran, hari-hari
libur besar serta waktu tengah malam sampai dini hari. Warga Jakarta dan
sekitarnya sudah terlalu sering (sampai bosan) mengalami betapa besarnya
perjuangan untuk mencapai tempat kerja. Kemacetan lalulintas ibarat penyakit
kanker yang menggerogotin tubuh ibukota Jakarta.
C. Dampak Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan sudah pasti akan
menimbulkan kerugian, namun saking banyak variabelnya, belum pernah (dan tidak
akan pernah) ada yang dapat menghitung secara tepat jumlah kerugian yang
ditimbulkan akibat kemacetan lalulintas. Menurut pakar lingkungan Fakultas
Teknik Universitas Indonesia, Dr Firdaus Ali, MSc (tahun 2009), diperkirakan
akibat kemacetan lalulintas du Jakarta, warga dan pemerintah mengalami kerugian
yang jumlahnya mencapai sekitar Rp 28 triliun per tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar