Laman

Selasa, 26 November 2013

Kemacetan Lalu Lintas di Mata Pemerintah Pusat




Kemacetan lalu lintas (dan banjir) yang menjadi masalah utama kota Jakarta sudah menjadi rahasia umum, banyak orang diseluruh dunia sudah tahu tentang hal tsb. Pada awal tahun 2011 Presiden SBY telah menegaskan bahwa Jakarta harus bebas dari kemacetan lalulintas pada tahun 2020 dan harus ada kemajuan yang signifikan, pengurangan kemacetan di Jakarta pada tahun 2014. Oleh karena itu warga Jakarta dan Pemerintah lebih baik memikirkan hal-hal yang konstruktif kearah perbaikan dan mencari berbagai alternatif upaya pemecahan masalah kemacetan lalulintas di Jakarta. Telah banyak teori, jurus, dan rencana hingga aksi nyata diajukan para ahli, tokoh, ilmuan dan pejabat untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, tetapi nampaknya hingga saat ini kondisi lalulintas di Jakarta tetap semerawut dan tingkat kemacetan semakin parah. Dan ini salah satu kebijakan untuk diterapkan.
A.     Pegertian Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan lalulintas adalah suatu keadaan atau situasi yang terjadi di satu atau beberapa ruas/ruang lalulintas jalan dimana arus kendaraan bergerak sangat lambat tidak semestinya hingga stagnan sehongga menyebabkan terganggunya aktifitas dan pergerakan pemakai jalan.

Jenis-jenis Kemacetan Lalin
Ada beberapa jenis dan tingkatan (gradasi) kemacetan lalulintas antara lain: kekacauan lalin, macet total, macet lalulintas semerawut, dan lalulintas bergerak lambat. Kemacetan di satu titik yang dianggap tidak strategis, tetapi bila tidak segera diatasi maka akan mudah merembet/menjalar ke banyak ruas jalan lain dalam lingkup yang luas.

Kekacauan Lalu Lintas
Kekacauab Lalu Lintas adalah suatu kondisi kemacetan lalulintas jenis paling parah yang ditandai dengan terkuncinya pergerakan semua jenis kendaraan. Kekacauan lalulintas sering terjadi di daerah pinggiran Jakarta terutama pada jam-jam berangkat dan pulang kantor (pagi dan sore hari), sering terjadi di persimpangan jalan-jalan yang tidak di lengkapi lampu merah. Penyebab kekacauan lalulintas biasanya karena pengguna jalan tidak disiplin, saling serobot, arogan, melanggar aturan lalulintas, bersikp tidak peduli, jalan raya difungsikan sebagai tempat parkir, berdagang, pasar, tempat mangkal angkutan umum dan ojek.

B.      Waktu dan Asal Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta
Bagi warga Jakarta, seolah tiada hari tanpa lalulintas macet, kecuali 3 hari menjelang dan sesudah lebaran, hari-hari libur besar serta waktu tengah malam sampai dini hari. Warga Jakarta dan sekitarnya sudah terlalu sering (sampai bosan) mengalami betapa besarnya perjuangan untuk mencapai tempat kerja. Kemacetan lalulintas ibarat penyakit kanker yang menggerogotin tubuh ibukota Jakarta.

C.      Dampak Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan sudah pasti akan menimbulkan kerugian, namun saking banyak variabelnya, belum pernah (dan tidak akan pernah) ada yang dapat menghitung secara tepat jumlah kerugian yang ditimbulkan akibat kemacetan lalulintas. Menurut pakar lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Dr Firdaus Ali, MSc (tahun 2009), diperkirakan akibat kemacetan lalulintas du Jakarta, warga dan pemerintah mengalami kerugian yang jumlahnya mencapai sekitar Rp 28 triliun per tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar