Laman

Jumat, 27 September 2013

ARTI PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE



1.     PENGERTIAN ORGANISASI DAN METODE

Sebelum menguraikan pengertian organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau secara sekilas arti dari kata organisasi dan metode.
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
Wadah   :   sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
Proses   :   pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Pengertian Ilmu Organisasi
            Kelompok pengetahuan yang mempunyai objek atau mempunyai sasaran organisasi kita sebut sebagai Ilmu Organisasi. Secara terinci kita dapat mengatakan lebih lanjut bahwa sekelompok pengetahuan yang disusun secra teratur dan sistematis berdasarkan kepada suatu prinsip azas-azas kebenaran yang berlaku secara umum dan dipelajari terus-menerus serta mempunyai objek atau sasaran organisasi yang disebut Ilmu Organisasi.
            Ilmu organisasi sendiri merupakan sistem pengetahuan, di mana dengan pengetahuan tersebut manusia dapat mengetahui tata pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja sehingga mampu melengkapi prinsip-prinsip yang sudah diterapkan pada organisasi secara tepat. Oleh karena itu manusia untuk mengetahui ilmu organisasi baik secara lingkup maupun sempit dan tujuan pokok ilmu organisasi dapat terselenggaranya suatu bentuk kerja sama itu dengan baik, sehingga tujuan dan maksud organisasi dapat tercapai secara efisien dan efektif.
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
            Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
a.       Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
b.      Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
c.       Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
d.      Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manajer) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.
Kegiatan manajemen :
a.       Planning (perencanaan)
b.      Organizing (pengorganisasian)
c.       Motivating (pendorongan)
d.      Controlling (pengendalian)
Keempat kegiatan manajemen tersebut tidak akan terlaksana tanpa adanya sumber-sumber ataupun sarana yang harus didayagunakan. Sumber-sumber yang di maksud tersebut 6 M (The six M’s in management istilah George R Terry) yaitu :
a.       Manusia atau tenaga kerja (manpower)
b.      Uang atau dana (money)
c.       Bahan-bahan atau material (materials)
d.      Mesin dan peralatan (machines and equipment)
e.       Tata kerja (methods)
f.       Pasar (market)

2.     MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Dari uraian di atas dapat dirumuskan bahwa manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama di satu pihak dengan tujuan di pihak lain.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya hubungan antara manajemen dan organisasi.
Secara spesifik ada tiga alasan dimana pentingnya manajemen dan organisasi, yaitu :
a.       Mencapai tujuan, manajemen mempermudah pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.
b.      Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, manajemen menyeimbangkan tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi (stakeholders) seperti pemilik, karyawan, konsumen, pemasok dan lain-lain.
c.     Mencapai efisiensi dan efektifitas, efisiensi dan efektifitas merupakan ukuran prestasi organisasi.

3.     MANAJEMEN DAN TATA KERJA
Tata kerja atau metode adalah salah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan tepat sehinnga proses kegiatan manajemen berjalan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah di lakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a.       Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
b.      Menghindari kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan
c.       Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat
Jadi hubungan antara manajemen dengan tata kerja dapat digambarkan seperti di bawah ini :
Manajemen :  Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai inti dari proses kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata kerja :  Menjelaskan pola cara bagaimana proses kegiatan dapat dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
4.     MANAJEMEN, ORGANISASI DAN TATA KERJA
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik dari ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia
b.      Organisasi   : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan kerja sama
c.       Tata Kerja   : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien
Dari konsep tersebut, sangat jelas bahwa manajemen, organisasi dan tata kerja mempunyai peran penting dan ketiganya di arahkan kepada proses kegiatan yang harus tercapainya tujuan.

Widyatmini & izzati A : Pengantar Organisasi & Metode, Gunadarma, Jakarta 1995
Wursanto, 19, 2005, Dasar-dasar Ilmu Organisasi, ANDI, Yogyakarta, 2005