Laman

Jumat, 19 Oktober 2012

ARTIKEL TENTANG ETIKA MENULIS DI INTERNET




 I.PENDAHULUAN

Pada umumnya yang harus diperhatikan dalam menulis di internet, antara lain adalah sebaiknya dalam mengirimkan atau mempublikasikan pesan tidak mengandung unsur SARA, tidak bebau pornografi, tidak melangar hak cipta seseorang, dan tidak merugikan orang lain.
Pada era reformasi ini, kita dapat bebas memberikan pendapat, namun kita harus tetap menyadari bahwa pendapat atau pesan yang akan disampaikan dan dipublikasikan melalui internet akan memberikan pengaruh besar bagi mereka yang membaca tulisan tersebut.


II.ISI

Berbicara mengenai etika, etika adalah sesuatu yang tidak pernah lepas dalam kehidupan kita.
Etika juga sangat berlaku dalam keluarga,pendidikan,masyarakat ataupun lingkungan sosial, jadi etika itu hukumnya wajib dan sangat diperlukan demi kelangsungan hidup masyarakat ini.
     Etika menulis di internet merupakan syarat atau opini pribadi seseorang mengenai aturan atau sopan santun menulis di dalam dunia maya.Tetapi, masih banyak yang melanggar atau tidak menggunakan aturan atau sopan santun, meraka sangat mengabaikan dan tidak ambil pusing dalam mempublikasikan sesuatu, seperti gambar, video, atau mengirimkan pesan melalui email, tanpa memperhatikan kode etik yang semestinya berlaku.


III.KESIMPULAN

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam menulis di internet. Namun alangkah baikny kita sebagai manusia yang mempunyai etika dapat menyadari atau menghargai akan perlunya kode etik dalam menulis di internet,agar dapat menghormati atau mengahargai satu sama lain.



. http://etikainternet.org/news/2011/10/24/4/pengertian_etika_moral_dan_etiket html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar