Sistem Cara Kerja Motor 2 Tak (gambar), Pada postingan
sebelumnya kita membahas mesin 4 tak bensin, sesuai dengan janji saya kita akan
bahas mesin lainnya.
Mesin 2 tak pada prinsipnya bekerja dengan 2 langkah
piston atau 1 putaran poros engkol. Dalam satu siklus kerja mesin 2 tak hanya
terdiri dari 1 kali gerakan naik dan 1 gerakan turun dari piston saja, berbeda
dengan mesin 4 tak yang dalam satu siklus kerja mesin harus terdiri dari 2
gerak naik dan 2 gerak turun.
Untuk lebih jelasnya kalian pelajari dulu mesin 4 tak
agar lebih mudah belajar dalam pembahasan mesin 2 tak
Dalam motor bensin 2 tak, piston melakukan 2 kali langkah
kerja dalam 1 kali langkah usaha antara lain :
1. Langkah kompresi dan langkah hisap
Pada langkah ini dalam motor 2 tak terjadi 2 aksi berbeda
yang terjadi secara bersamaan yaitu aksi kompresi yang terjadi pada ruang
silinder atau pada bagian atas dari piston dan aksi hisap yang terjadi pada
ruang engkol atau pada bagian bawah piston.
Yang terjadi dalam langkah ini adalah :
·
Piston bergerak dari TMB (titik mati bawah)
ke TMA (titik mati atas).
·
Pada saat saluran pembiasan tertutup mulai
dilakukan langkah kompresi pada ruang silinder.
·
Pada saat saluran hisap membuka maka campuran
udara dan bensin akan masuk ke dalam ruang engkol.
2. Langkah usaha dan buang
Dan pada langkah ini terjadi langkah usaha dan buang yang
terjadi pada saat yang tidak bersamaan, jadi langkah usaha dahulu barulah
setelah saluran pembiasan dan saluran buang terbuka terjadi langkah buang.
Yang terjadi dalam langkah ini adalah :
·
Sebelum piston mencapai TMA (titik mati
atas), busi akan memercikkan bunga api listrik sehingga campuran udara dan
bahan bakar akar terbakar dan menyebabkan ledakan maka timbullah daya
dorong terhadap piston, sehingga piston akan bergerak
dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).
Sesaat setelah saluran hisap tertutup dan saluran bias
serta saluran buang membuka maka campuran udara dan bahan bakar yang berada di
ruang engkol akan mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bias ke
saluran.
Mesin 2 tak harus memakai oli pelumas samping selain
pelumas mesin hal ini di sebabkan karena putaran yang dihasilkan lebih cepat.
Karena hanya membutuhkan 2 langkah kerja mesin 2 lebih cepat/kencang dari 4 tak
hal ini menyebabkan mesin 2 tak lebih berisik, dan boros bahan bakar, jadi
tidak ada mesin yang sempurna pasti ada kekurangannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar