Laman

Selasa, 26 November 2013

10 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan




Pernahkah terlintas dalam pikiran kalian jika makanan yang kita makan itu baik untuk kesehatan atau tidak? Mungkin kita berfikir jika makanan yang kita makan itu sama saja, tunggu dulu, jangan berfikiran seperti itu dulu karena zaman sekarang ini banyak sekali makanan yang kurang menyehatkan seperti makanan junk food, dll. Lalu apakah masih ada makanan yang baik untuk kesehatan?? Tentu ada, dan di sinilah saya akan menjelaskan dan memberitahu apa saja makanan yang baik untuk kesehatan.
1.      Lemon
Di dalam buah ini terdapat lebih dari 100% vitamin C yang kita butuhkan setiap harinya. Vitamin C berfungsi meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL dan memperkuat tulang. Plus, flavonoid yang terkandung dalam buah ini bisa menekan pertumbuhan sel kanker dan berperan sebagai senjata antiperadangan.

2.      Brokoli
Satu tangkai brokoli ukuran sedang mengandung lebih dari 100% vitamin K yang di butuhkan setiap hari, dan hampir 200% dosis vitamin C yang di anjurkan. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk pembentukan tulang kita. Porsi brokoli yang sama juga mampu menjadi tameng kanker yang ampuh.

3.      Cokelat Hitam
Mengonsumsi 7 gram cokelat hitam setiap hari bisa menurunkan tekanan darah. Bubuk kakao sangat kaya akan flavonoid, yaitu antioksidan yang baik dalam menekan kolesterol “jahat” LDL dan meningkatkan kolesterol “baik” HDL. Hal ini telah dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry yang melaporkan bubuk kakao yang dijual kini memiliki flavonoid delapan kali lebih banyak dibandingkan kakaoa konvensional.

4.      Kentang
Kentang merah memiliki 66 mikrogram folat pembentuk sel, yang sama jumlahnya dengan yang ditemukan dalam 30 gram bayam dan 91 gram brokoli. Dalam satu buah ubi manis mengandung vitamin A lebih banyak delapan kali lipat dari kebutuhan harian kita. Vitamin ini bermanfaat melawan kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5.      Salmon
Sumber daya alam dari laut ini sangat kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 yang berkhasiat menurunkan risiko depresi, penyakit jantung, dan kanker. Menyantap 85 gram salmon sudah dapat memberikan 50% niacin yang dibutuhkan per hari. Niacin berfungsi melindungi kita dari serangan alzheimer dan pikun.
6.      Kenari
Kenari mengandung asam lemak Omega-3, penurun kolesterol, paling banyak dari kelompok kacang yang lain. Plus, Omega-3 juga didulat sebagai peningkat mooddan pelawan kanker.

7.      Avokad
Lemak dalam avokad terbukti sehat dan dapat menurunkan kolesterol hingga 22%. Satu buah avokad memiliki lebih dari 50% serat dan 40% folat yang kita perlukan setiap hari, yang nantinya akan menekan risiko penyakit jantung.

8.      Bawang Putih
Rempah satu ini punya kekuatan pelawan penyakit yang ampuh, bawang putih mampu menekan perkembangan bakteri Ecoli. Kandungan allicin dalam bumbu masak ini bekerja sebagai zat antiperadangan dan membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

9.      Bayam
Lutein dan zeaxanthin dalam bayam merupakan dua antioksidan peningkat sistem imun ini sangat baik bagi kesehatan mata. Studi yang dilakukan di Center for Eye Research di Australia menemukan, diet kaya kedua nutrisi di atas akan menurunkan risiko katarak. Dibanding semua buah dan sayuran pelawan kanker, bayam adalah salah satu “senjata” paling efektif.

10.  Polong-Polongan
Mengonsumsi satu porsi polong-polongan (kacang polong, lentil) empat kali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%. Kebiasaan yang sama juga bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Nah... itulah tadi ulasan dari 10 makanan yang baik untuk kesehatan, bagi yang peduli akan kesehatan diri sendiri mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar